Bantuan Dari PT PEMA Sangat Bermanfaat Bagi Kelompok Tani Musara Ate

Syukri

- Redaksi

Selasa, 27 Februari 2024 - 08:48 WIB

40209 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Alat Penyulingan Serai wangi pemberian PT PEMA

GAYO LUES- Beberapa bulan lalu, tepatnya pada 13 Desember 2023, anggota Kelompok tani Musara Ate Desa Padang Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues mendapat bantuan CSR Sarana Produksi (Saprodi) Pertanian untuk tanaman serai wangi dari PT Pembagunan Aceh (PEMA).

Waktu itu, bantuan diberikan berupa Mesin Pemotong Kayu (Senso) sebanyak 4 Unit, Alat Penyuling (Ketel) 4 Buah, Tenda 20 Buah, Parang 20 Buah, dan Sabit Sebanyak 20 Buah, jika ditotal bantuan tersebut bernilai Rp 25.000.000.

Setelah bantuan ini dimanfaatkan oleh anggota kelompok tani Musara Ate yang diketuai Abdul Taher, sangat berdampak terhadap hasil produksi serai wangi mereka, sebab dapat memudahkan dan mempercepat proses penyulingan sehingga sangat mendukung keberhasilan usaha para petani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dokumen penyerahan bantuan dari PT PEMA melalui Dinas Pertanian Gayo Lues Kepada Kelompok Tani Sara Ate

Disampaikan Ketua Kelompok Tani Musara Ate Abdul Taher, bantuan yang diberikan PT PEMA sangat bermanfaat bagi para anggota kelompok taninnya, bagai mana tidak, petani yang dulunya kesulitan melakukan panen dan menyuling daun serai wangi kini sudah lebih mudah memperoleh minyak Atsiri dari tanaman tersebut karena sarana produksi sudah lengkap.

Baca Juga :  Pokmil UKPBJ Agara Diduga Mafia Proyek, Polda Aceh Diminta Segera Turunkan Tim Saber Pungli

Abdul Taher sangat bersyukur karena telah mendapatkan bantuan dari PT PEMA yang kini dapat membangkitkan semangat para petani di desa Padang khusunya anggota kelompok tani Musara ate dalam mewujudkan peningkatan ekonomi dan perkembangan budidaya serai wangi.

“Dampaknya sangat bagus bagi pertanian Kami. Dulu sebelum dapat bantuan dari PT PEMA kami masih kesulitan melakukan pemungutan hasil serai wangi, seperti ketel (Alat Penyuling) masih terbatas kadang-kadang anggota kelompok tani harus menyewa punya petani yang lain,bahkan daun serai harus diangkut dari tempat yang jauh, namun kini alat penyulingnya sudah bisa kita bangun dilokasi perkebunan kelompok tani Sara Ate”, samapi Abdul Taher.

Selain itu, katanya, Untuk pengambilan Kayu bakar juga sudah mudah karena sensonya sudah kami miliki, pokoknya alat yang diberikan termasuk tenda, sabit dan parang sangat mendukung usaha pertanian kelompok tani Musara Ate.

“Alhamdulillah berkat alat pertanian yang diberikan hasil serai wangi kami meningkat dari sebelumnya hasil penyulingan hanya 120-130 Kg/Ha, kini setelah dapat bantuan dari PT PEMA Minyak atsiri serai wangi tersebut dapat kami peroleh sebanyak 150-160 Kg/Ha”, Terang Ketua Kelompok Tani itu.

Baca Juga :  Konsep Strategis Pangdam IM dalam Upaya Hilirisasi Industri Pada Program Ketahanan Pangan "I'M Jagong

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Kadis Pertanian Juanda Syahputra, S.H.,M.H., menyampaikan, bantuan yang diberikan PT PEMA ini sangat berdampak baik terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Gayo Lues, khususnya para petani serai wangi di desa Padang kecamatan terangun.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Mewakili Bapak Bupati Gayo Lues mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada PT PEMA yang telah membantu petani Gayo Lues khususnya petani serai wangi di desa Padag. Berkat bantuan tersebut dapat memudahkan proses panen dan meningkatkan hasil pertanian mereka” Sampai Kadis

Dia berharap pemberian bantuan ini ke depan dapat berlanjut, tidak hanya untuk komoditi perkebunan jenis serai wangi saja, namun bantuan sarana produksi untuk komoditi yang lain seperti tanaman hortikultura, sebab komoditi ini juga sangat berpotensi  dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” terangnya.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Babinsa Membantu Memediasi Tentang Sengketa Lahan Sawah Warga
Masih Dalam Suasana Idul Fitri, Anggota Koramil Blangpegayon Silaturahmi dan Halal Bihalal Ke Rumah Warga
Diusia Kabupaten Gayo Lues Ke-22, Kukuhkan Semangat Bangun Daerah
BABINSA 07/ BLANGJERANGO, MEMANFAATKAN HALAL BIHALAL SEBAGAI SARANA KOMSOS DENGAN WARGA BINAAN
Masih Di Suasana Lebaran, Babinsa Koramil Terife Jaya Pantau Kawasan Objek Wisata
Babinsa Komsos Dengan Pemuda Guna Mencegah Klenakalan Remaja
Babinsa Bersama Muspika Terangun Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran
Babinsa Koramil 04/Kutapanjang Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 16:12 WIB

Godol Dikriminalisasi..!! KASAD Maruli Simanjuntak..!! “Benar“ Senpi Milik Oknum TNI Anggota Kodam 1/BB..!!

Selasa, 16 April 2024 - 19:04 WIB

Istri Kopda Mirwansyah : Suami Saya Tidak Pernah Punya Senjata Api

Sabtu, 6 April 2024 - 18:31 WIB

Rajut Persaudaraan Pasca Pemilu, KOMDAM Sumut Silaturahmi dan Bukber

Selasa, 2 April 2024 - 00:50 WIB

Ustadz Masdar Tambusai Pimpinan Wilayah Generasi Muda Masjid Sumatera Utara Minta Kapolres Binjai Segera Menutup Diskotik Blue Star

Senin, 1 April 2024 - 20:32 WIB

Cegah Penyebaran Hoax, DPD PAPDESI Sumut Gelar Sosialisasi Penguatan Persatuan dan Kesatuan

Senin, 1 April 2024 - 19:02 WIB

Nekat Beroperasi Dibulan Puasa, Tokoh Agama Sumatera Utara Ustadz Martono Minta Diskotiq Blue Star Binjai Ditindak Tegas!

Jumat, 15 Maret 2024 - 08:27 WIB

Merusak Kesucian Bulan Ramadhan, IPA Kota Medan Dukung Penuh Walikota Medan Tolak Asmara Subuh

Kamis, 14 Maret 2024 - 19:30 WIB

Terlambat Masuk Kerja, Diduga Manajer Lempar Kepala Anggotanya Pakai Remot AC Hingga Berdarah

Berita Terbaru